9 Tips Masuk Rumah agar Terhindar dari Covid-19

Reading Time: 2 minutes

Penulis : Mubin

NgajiGalileo – Memotret perilaku baru kebanyakan masyarakat dijaman sekarang memang menarik, perilaku yang dijadikan protokoler pandemi memang banyak mengubah beberapa perilaku kebanyakan masyarakat.

Entah sampai kapan pandemi ini berlangsung, namun sebaiknya memang beberapa hal yang di jadikan protokol oleh pemerintah sebaiknya di laksanakan. Semua berharap keadaan ini segera selesai dan semua selalu dalam keadaan sehat.

Kenormalan baru atau identik dengan kenormalan – kenormalan kegiatan sehari – hari dengan beberapa perilaku baru membuat kita harus cepat beradaptasi dengan keadaan ini, kegiatan sehari – hari dengan memakai masker, jaga jarak dan sering – sering mencuci tangan sepertinya akan menjadi kegiatan yang memenuhi keseharian kebanyakan masyarakat.

Apapun keadaannya aktivitas sepertinya harus tetap dilaksanakan, jika Anda memang harus beraktivitas diluar rumah sebaiknya anda harus melakukan beberapa hal diatas, begitu pula jika Anda akan kembali memasuki rumah Anda juga harus melakukan beberapa hal.

Berikut ini bisa Anda jadikan bahan pertimbangan jika Anda harus beraktivitas di luar rumah dan akan kembali memasuki rumah.

  1. Ucapkan salam, salam secara subtansi adalah kegiatan saling mendoakan agar selalu dalam keadaan selamat.
  2. Lepaskan alas kaki baik berupa sandal ataupun sepatu, letakkan ditempat khusus dan direkomendasikan untuk menyemperot dengan disinfektan.
  3. Penyemperotan disinfektan sebaiknya juga dilakukan pada uang pengembalian dan beberapa peralatan yang dibawa seperti hand phone, polpen, tas dan lain – lain.
  4. Buang beberapa hal yang tidak diperlukan seperti kuitansi, struk pembayaran dan beberapa kertas atau barang yang sudah tidak dipakai.
  5. Mencuci tangan merupakan hal yang harus tetap dilakukan, gunakan sabun dan air mengalir minimal 20 detik.
  6. Lepaskan pakain yang Anda pakai dan langsung letak kan di mesin cuci atau bak cuci, segera rendam dengan sabun cuci / ditergen, rendam terlebih dahulu sebelum Anda mencucinya.
  7. Langsung mandi memakai sabun, hala ini sebaiknya Anda lakukan sebelum Anda bertemu dengan anggota keluarga.
  8. Perbanyak minum air putih dan beberapa sayuran untuk menjaga kebutuhan asupan vitamin dalam tubuh, hal ini diperlukan tubuh untuk menjada daya tahan tubuh.
  9. Manfaatkan waktu untuk beristirahan secukupnya.

Itu tadi beberapa hal yang bisa dijadikan referensi jika Anda akan memasuki rumah setelah beraktifitas diluar rumah dimasa kenormalan baru ini, hal ini penting sebagai ikhtiar kita semoga terhindar dari wabah ini dan semua semoga dalam keadaan sehat walafiat.

Diolah dari berbagai sumber diantaranya : Pamflet Badan POM, Protokol Gugus Tugas Covid-19, Anjuran Kemenkes dan WHO.

Recommended For You

Tulis Komentar