Bakteri yang Menguntungkan Manusia Apa Saja Sih! Mau Tahu

Share artikel ini

Reading Time: < 1 minute

Bakteri berasal dari kata Latin, bacterium (jamak, bacteria) yang berarti adalah kelompok raksasa dari organisme hidup.

Bakteri berukuran sangat kecil (mikroskopik) dan kebanyakan uniselular atau bersel tunggal. Umumnya ukuran bakteri 0,5-5 μm, namun ada juga jenis bakteri yang berukuran 0,3 mm dalam diameter, yakni jenis Thiomargarita.

Kebanyakan orang awam mengidentikkan bakteri sebagai organisme yang merugikan, tapi tahukah bahwa bakteri juga banyak yang menguntungkan. Kira-kira bakteri apa saja yang menguntungkan manusia.

1. Bacillus coagulans

Bacillus coagulans punya manfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Meskipun demikian, bakteri ini jarang ditambahkan ke dalam suplemen probiotik, karena harganya cukup mahal.

Baca Juga:   Benarkah Gerakan Sholat Satu ini Mampu Sembuhkan Vertigo?

2. Escherichia coli

Banyak kalangan menganggap bakteri ini kurang baik, namun sebuah studi yang dilakukan di Jepang dan diterbitkan oleh jurnal Inflammatory Bowel Disease menemukan strain E. Coli bermanfaat untuk kesehatan. E. Coli dilaporkan dapat mencegah dan mengobati peradangan di usus besar atau kolitis ulserativa.

3. Saccharomyces boulardii

Saccharomyces boulardii merupakan bakteri jenis probiotik. Manfaatnya dapat mencegah dan mengobati diare akibat mengonsumsi antibiotik. Selain itu, bakteri ini juga dapat mengobati jerawat.

4. Lactobacillus acidophilus

Bakteri ini biasanya berada di saluran pencernaan manusia. Manfaatnya bisa menurunkan kolesterol jahat dan mengatasi diare.

Selain itu, Lactobacillus acidophilus juga dapat melawan bakteri vagina yang dapat menyebabkan keputihan.

Baca Juga:   Bermain Membuat Gelembung Sabun Raksasa Bersama Anak-anak

Anda bisa menemukan probiotik jenis ini di dalam minuman susu fermentasi seperti yoghurt, tempe, dan keju.


Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar