CARA MEMILIH KABEL ANTENA TV YANG TEPAT

Reading Time: < 1 minute

Cara Memilih Kabel Antena TV yang Tepat – Banyak yang merasa bingung ketika acara televisi yang sedang ditonton tiba-tiba gambar atau suaranya tidak jelas dan penuh dengan “semut”.

Hal itu tentu tidak lepas dari modulasi analog yang tentu jauh kualitasnya jika dengan digital. Namun, sistem digital seperti TV berbayar atau internet yang terbilang masih mahal, sehingga masih banyak masyarakat yang setia dengan sistem analog, misal siaran UHF atau VHF.

UHF dan VHF yang terbilang gratis dan murah tersebut bisa jadi merupakan pilihan terbaik untuk mendapatkan informasi serta hiburan sehari-hari.

Untuk mengatasi kualitas gambar atau sinyal yang kurang baik, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini, seperti :

Pilih Antena Deret yang Panjang

Semakin panjang deret antena, semakin baik daya tangkap sinyal yang dihasilkan. Gain atau penguat sinya menjadi lebih besar, sehingga membuat gambar lebih jernih.

Yang perlu Anda perhatikan adalah, pemasangan antena juga harus tepat, karena jika terhalang bukit atau gedung tinggi maka bisa berpengaruh pada hasilnya.

Pilih Kabel Coaxcial 75 Ohm

Usahakan Anda menggunakan kabel coaxial 75 Ohm, di mana kabel ini memiliki loses (attenuation) dengan daya kecil. Kabel ini mudah mencarinya, Anda bisa mendapatkannya di toko online maupun offline.

Untuk rekomendasi, kami menyarankan Anda membeli kabel antena TV dari merek terpercaya, seperti Kitani, Tanaka, atau Belden.

Cara Memasang Kabel Antena TV

Untuk memasang kabel antena TV cukup mudah, Anda tinggal menghubungkan seluruh konektor terhubung dengan sempurna dan benar sesuai dengan petunjuk yang ada di buku panduan.

Namun yang perlu diperhatikan adalah saat memasangnya. Usahakan Anda memperhatikan jarak gulungan antara antena dan booster, yaitu berkisar 1,5 meter tanpa adanya gulungan dibagian tersebut. Hal ini penting agar transmisi bisa berjalan dengan lancar dan kuat.

Untuk ketinggian, pastikan memasang antena TV tidak lebih dari 15 meter. Kemudian arahkan antena dengan tepat pada sumber pemancar. (Arthur)

Recommended For You

Tulis Komentar