Cara Merawat Air Purifier Dirumah Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Share artikel ini

Reading Time: 2 minutes

Cara merawat air purifier dirumah agar tetap awet dan tahan lama. Air purifier merupakan alat elektronik yang berfungsi menjaga udara ruangan agar tetap bersih dan sejuk.

Selain itu, air purifier mampu menghilangkan debu, menghilangkan alergi, dan menjaga lembapan udara, bahkan ada yang mampu mengatasi masalah nyamuk di rumah.

Jenis Air Purifier

Ada 5 jenis air purifier berdasarkan filternya, yatu:

  1. Air purifier filter HEPA, sangat efektif untuk menangkap debu, bahkan yang berukuran sangat kecil. Filter HEPA terbuat dari busa, fiberglass, kapas, atau bahan penangkap partikel kecil lainnya.
  2. Air purifier filter Ionizer dan Ozone, memiliki kemampuan untuk menetralkan bau dalam ruangan sehingga membuat bau tidak sedap menjadi hilang. Namun tidak seperti jenis-jenis lainnya, filternya tergolong yang paling lemah dan terkadang keluar polusi atau kotoran dari mesinnya.
  3. Air purifier filter Karbon Aktif, salah satu jenis air purifier yang mampu menghilangkan bau dengan bersih dan cepat. Kemampuannya juga bisa menghilangkan polusi dalam jumlah yang besar.
  4. Air purifier filter Plasmacluster, ampuh mengatasi bakteri atau kuman di dalam ruangan, sehingga air purifier ini sangat cocok untuk kebutuhan keluarga dan menghindarkan anak-anak kuman yang merugikan kesehatan tubuh.
  5. Air purifier filter UV Light, efektif untuk membunuh kuman, bahkan bisa mematikan virus.
Baca Juga:   Cara Merawat Sepatu Lari Agar Tetap Bersih dan Nyaman

Cara Merawat Air Purifier

Supaya performa air purifier Anda tetap stabil dan baik, maka Anda perlu melakukan tips perawatan-perawatan berikut ini :

  • Silahkan lakukan perawatan secara berkala, setidaknya lakukan dua minggu sekali agar kotoran tidak menempel terlalu lama sehingga tidak menjadi sarang bakteri dan kuman.
  • Bersihkan filter yang terletak pada bagian luar dengan vacumm cleaner atau kuas, terutama pada jenis deodorizing filter atau HEPA filter.
  • Sedangkan untuk humudifying filter, Anda cukup membilasnya dengan air, dan
  • Untuk mengatasi debu yang membandel pada humudifying filter, Anda bisa merendam dengan cairan pembersih selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.
  • Bersihkan panel bagian belakang dengan hati-hati.
Baca Juga:   Cara Merawat Mesin Cuci Agar Awet dan Tahan Lama

Itulah cara merawat air purifier dirumah agar tetap awet dan tahan lama. Selamat mencoba.


Share artikel ini

Recommended For You

1 Comment

Tulis Komentar