Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum Terbaru, Lengkap dengan Penjelasannya

Share artikel ini

Reading Time: 5 minutes

Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum Terbaru, Lengkap dengan Penjelasannya. Saat membuat kata pengantar, ada beberapa yang perlu Anda perhatikan dan cek ulang. Apalagi kata pengantar laporan praktikum, seperti praktikum biologi, fisika, kimia, dan praktikum lainnya.

Memang bukan hal mudah membuat kata pengantar, misal sudah satu jam di depan laptop, tapi kamu tidak mendapatkan apa-apa. Seperti mati gaya, pernah kan kamu mengalaminya? Ini sama halnya dengan membuat makalah, tapi untuk cara membuat makalah bisa kamu simak video di bawah ini.

Lantas bagaimana contoh kata pengantar laporan praktikum sangat banyak? Seperti tugas membuat contoh kata pengantar laporan biologi. Kemudian kata pengantar laporan praktikum kimia, dan kata pengantar laporan praktikum lainnya.

Dalam membuat contoh kata pengantar laporan praktikum tentu tidak mudah. Sebab, kata pengantar praktikum, dan kata pengantar laporan praktek berbeda dengan pengantar skripsi, tesis maupun disertasi.

Meskipun begitu kata pengantar laporan praktikum fisika, kata pengantar laporan praktikum biologi, dan kata pengantar laporan kimia juga memiliki perbedaan. Contoh; kata pengantar laporan praktikum biologi ada kekhasan biologi.

Sementara itu, kata pengantar laporan fisika juga mestinya memiliki karakter fisika, demikian juga dengan kimia. Nah, kata pengantar praktikum biologi, contoh kata pengantar laporan praktek, serta contoh kata pengantar laporan praktikum fisika dan kimia akan kami sajikan disini.

Tapi sebelumnya, ketahui apa arti kata pengantar? Kata pengantar adalah bagian awal dari suatu karya ilmiah. Adapun contoh kata pengantar laporan praktikum terbaru yang kami berikan meliputi; contoh kata pengantar laporan biologi, kata pengantar praktikum fisika, dan kata pengantar praktikum kimia

Arti Kata Pengantar

Seperti pada penjelasan sebelumnya, kata pengantar merupakan bagian awal dari sebuah karya tulis ilmiah. Hal ini sama dengan kata pengantar praktikum yang ingin kamu buat.

Baca Juga:   Rangkuman Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan

Kata pengantar praktikum, laporan, makalah, atau penelitan sebenarnya tidak jauh berbeda. Jika kamu ingin mengetahui cara membuat kata pengantar laporan praktikun terbaru yang berbeda? Yuk, simak halaman ini sampai ke bawah.

Fungsi Kata Pengantar

Apa fungsi kata pengantar? kata pengantar sebenarnya tidak hanya berisi tentang ucapan rasa syukur dan terima kasih saja.

Namun, juga sebagai sebagai gambaran umum tentang hasil penelitian, laporan, laporan penelitian, yang bertujuan dapat meningkatkan minat para pembaca.

Dengan begitu, kata pengantar yang baik harus Anda buat semenarik mungkin untuk para pembaca. Sekaligus bisa membuat isi dari karya tulis kamu secara utuh dan lengkap.

Seperti yang sudah kami bahas, bahwa kata pengantar adalah kata ungkapan penulis dan berisi seluruh karya tertulis yang berupa makalah, laporan penelitan, dan hasil penelitian.

Sebagai permulaan, kata pengantar juga membantu memandu pembaca untuk mendeskripsikan laporan praktikum lebih lanjut, selain dari pendahuluan yang sudah Anda buat.

Sebagai pengantar dari pembahasan, tentu harus rinci dan teliti. Isi kata pengantar berupa rangkuman tertulis dari laporan praktikum yang kamu buat sehingga pembaca akan menuntaskan bacaan kamu.

Cara Membuat Kata Pengantar Laporan Praktikum

Untuk membuat kata pengantar, kamu harus mengetahui struktur karya tulis terlebih dahulu. Ngak hanya itu, kamu harus tahu untuk apa kata pengantar laporan praktikum kamu buat, apakah dalam pendahuluan laporan, proposal, atau karya tulis lainnya.

1. Pendahuluan kata pengantar

Pendahuluan kata pengantar laporan praktikum dimulai pada paragraf pertama hingga kedua. Bagian pertama dari pendahulan ini berisi puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Lalu lanjutkan dengan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulisan artikel, makalah, dll.

2. Isi kata pengantar

Pada bagian ini berisi judul laporan praktikum dengan ulasan singkat tentang isi praktikum. Uraian singkat karya tulis bertujuan agar pembaca tertarik untuk melihat lebih lanjut.

Isi laporan praktikum, sebaiknya jangan terlalu detail dan panjang banget, bisa-bisa pembaca akan kehilangan minat jika kamu melakukan seperti itu.

Baca Juga:   Pengertian, Cabang-cabang, dan Contoh Ilmu Bumi

3. Penutup kata pengantar

Di akhir kata pengantar, gunakan kata permintaan maaf. Dan, kesediaan untuk menerima saran dan kritik yang membangun di masa depan untuk karya selanjutnya.

Pada bagian penutup kata pengantar, penulis dapat mengungkapkan harapan atas karya yang sedang ia tulis saat ini atau yang akan datang.

Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum Biologi, Fisika, dan Kimia

Berikut kami sajikan contoh kata pengantar laporan praktikum, seperti kata pengantar laporan praktikum biologi, fisika, dan kimia.

Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum Fisika

Contoh kata pengantar laporan praktikum fisika

Kata Pengantar

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya. Sehingga saya dapat menyelesaikan tugas yang berjudul “Laporan Praktikum Pengukuran Dasar Pada Benda Padat” ini tepat pada waktunya.

Adapun tujuan dari penulisan dari laporan praktikum ini adalah untuk memenuhi tugas pada mata kuliah Fisika dasar. Selain itu, makalah ini juga bertujuan untuk menambah wawasan mengenai pengukuran dasar pada benda padat.

Karena itu, saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dodi Setyadi, S.Pd, selaku Dosen Fisika dasar yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan sesuai dengan bidang studi yang saya tekuni ini.

Selain itu, saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan semua, terimakasih atas bantuannya sehingga sehingga saya dapat menyelesaikan tugas ini.

Saya menyadari, tugas yang saya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun kami butuhkan demi kesempurnaan laporan praktikum fisika ini.

Jombang, 20 November 2021
Penulis

Contoh kata pengantar laporan praktikum biologi

Kata Pengantar

Dengan mengucapkan puji syukur atas kehadirat Tuhan YME, atas segala kebesaran dan limpahan nikmat yang diberikanNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan praktikum percobaan biologi berjudul “Laporan Praktikum Perkecambahan Biji Kacang Hijau di Laboratorium Biologi SMA 2 Surabaya“.

Adapun penulisan laporan percobaan ini bertujuan menemukan kondisi-kondisi yang diperlukan untuk perkecambahan biji kacang hijau. Selain itu, mengetahui faktor yang mempengaruhi biji kacang hijau untuk berkecambah.

Baca Juga:   Bermain Membuat Gelembung Sabun Raksasa Bersama Anak-anak

Pada penulisan percobaan ini, berbagai hambatan telah penulis alami. Oleh karena itu, terselesaikannya laporan percobaan ini tentu saja bukan karena kemampuan penulis semata-mata. Namun karena adanya dukungan dan bantuan dari pihak-pihak yang terkait.

Sehubungan dengan hal tersebut, perlu kiranya penulis dengan ketulusan hati mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pengajar Mata Pelajaran Biologi kelas XII IA 2 yang telah membimbing penulis dalam menyelesaikan laporan percobaan ini.

Penulis juga berterima kasih kepada semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu, yang telah membantu menyelesaikan laporan percobaan ini.

Dalam penyusunan laporan percobaan ini, penulis menyadari pengetahuan dan pengalaman penulis masih sangat terbatas. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan adanya kritik dan saran dari berbagai pihak agar laporan percobaan ini lebih baik dan bermanfaat.

Akhir kata, penulis ucapkan semoga Tuhan YME selalu membalas budi baik Anda semua.

Jombang, 20 November 2021
Penulis

Contoh kata pengantar laporan praktikum kimia

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, karena atas rahmat dan hidayah-Nya lah sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Semester Kimia Dasar ini tepat pada waktunya.

Penulis sendiri menyadari bahwa dalam laporan ini masih terdapat banyak kekurangan serta masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu penulis mengharapkan adanya kritik dan saran demi perbaikan dan penyempurnaan ini.

Laporan ini disesuaikan dengan berdasarkan materi-materi yang ada. Laporan ini bertujuan agar dapat menambah pengetahuan dan kreativitas dalam belajar ilmu kimia. Serta dapat memahami nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam berpikir dan bertindak.

Akhir kata, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan bagi pihak yang membutuhkan.

Jombang, 20 November 2021
Penulis

Penutup

Contoh-contoh kata pengantar di atas adalah perkenalan singkat dari kata pengantar laporan praktikum, mulai dari arti kata pengantar hingga penulisan akhir pengantar. Jika kamu kurang jelas, silahkan buka Kamus Biologi SMA.

Setelah melihat contohnya, semoga kamu bisa mengembangkan tulisan kata pengantar sampai membuat laporan praktikum yang baik dan benar sesuai yang kamu inginkan.


Share artikel ini

Recommended For You

1 Comment

Tulis Komentar