HIDUP SEHAT ALA MAHASISWA KEPERAWATAN YANG DAPAT DIAPLIKASIKAN OLEH SELURUH MASYARAKAT

Reading Time: 2 minutes

Hidup Sehat Ala Mahasiswa Keperawatan yang Dapat Diaplikasikan oleh Seluruh Masyarakat – Mengapa mahasiswa keperawatan? Pastinya seluruh masyarakat tidak asing dengan tenaga kesehatan yaitu perawat yang 24 jam pasti ada di rumah sakit.

Dalam bertugas di rumah sakit perawat memiliki tiga shift yaitu pagi, siang, malam. Hal ini menjadikan seorang perawat harus menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat, agar dapat memberikan pelayanan terbaik untuk klien.

Ketika seseorang berhubungan dengan orang sakit harus dalam keadaan sehat, mengapa? Karena ketika keadaan sistem imun  individu tidak baik maka akan rentan terserang penyakit pula.

Cara Hidup Sehat Ala Mahasiswa Keperawatan  

Berikut ini tips hidup sehat ala mahasiswa keperawatan yang bisa juga diaplikasikan oleh seluruh masyarakat, di antaranya adalah :

1. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup yaitu tidur minimal 6 jam perhari. Tidur yang berkualitas adalah ketika malam hari yaitu pukul 21.00-04.00.

Mengapa demikian? Karena tidur ketika malam hari dapat meregenerasi sel tubuh individu.

Jadi ketika seseorang tidur berkualitas akan membangunkan individu dengan keadaan segar tanpa lemah, letih, lesu.

2. Minum air putih sesuai dengan kebutuhan

Konsumsi air putih adalah hal yang sangat penting, karena air putih dapat melancarkan sistem pencernaan, mempelancar kinerja otak, meningkatkan sistem imun, memperkuat sendi, menyehatkan kulit.

Jangan lupa selalu minum air putih yang cukup, terutama ketika bangun di pagi hari dan ketika akan tidur.

3. Makan yang cukup

Makan yang cukup adalah makan dengan tepat waktu dan sesuai dengan yang dibutuhkan. Sarapan merupakan hal penting yang harus dilakukan, karena ketika akan melakukan aktivitas harus memiliki energi yang cukup untuk melakukannya.

Makan siang dan malam juga harus dilakukan. Energi dan gizi yang cukup menjadikan individu menjadi cerdas, jangan lupa konsumsi sayur dan buah yang cukup.

4. Konsumsi suplemen alami atau herbal

Disini suplemen yang dikonsumsi setiap individu pasti berbeda. Disini saya mencontohkan yaitu susu atau madu. Karena keduanya sangat memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita.

Mengkonsumsi suplemen herbal juga dapat menjadikan kita tetap sehat dan menjaga sistem imun kita dalam keadaan baik.

5. Olahraga yang cukup

Olahraga yang cukup tidak harus dilakukan diluar rumah, cukup dilakukan dirumah. Olahraga tidak melulu mengangkat beban atau mengeluarkan tenaga yang cukup besar. Adapun beberapa olahraga yang dapat dilakukan dirumah yaitu, push up, sit up, lari-lari kecil, plank, skipping, dan lain-lain.

Olahraga memiliki banyak manfaat salah satunya untuk tubuh seperti menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

6. Membagi waktu dalam melakukan aktivitas

Membagi waktu dalam melakukan aktivitas memiliki arti sebagai berikut. Melaksanakan kewajiban terlebih dahulu, ketika kewajiban sudah selesai maka kita bisa bebas melakukan aktivitas yang lain dengan tenang.

Demikian tips singkat hidup sehat ala mahasiswa keperawatan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa tetap menjaga kesehatan! (Shofi)

Recommended For You

Tulis Komentar