Kenali Organel Penyusun Sel Tumbuhan Pada Materi Plantae

Share artikel ini

Reading Time: < 1 minute

Organel penyusun sel tumbuhan pada materi plantae bisa Anda ketahui pada buku biologi bab Plantae. Organel-organel penyusun sel ini hanya ada pada tumbuhan, dan tidak ditemui pada sel hewan.

Lalu, apa saja organel-organel khusus pada tumbuhan. Berikut kami rangkum sebagai bahan pembelajan biologi untuk Anda semua.

Organel Dinding sel

Dinding sel terdiri dari selulosa yang kuat yang dapat memberikan sokongan, perlindungan, dan untuk mengekalkan bentuk sel. Jadi, organel ini memiliki struktur yang kokoh dan kuat.

Organel Plastida

Plastida adalah organel sel yang menghasilkan warna pada sel tumbuhan. Palstida memiliki bentuk dan ukuran yang bervariasi.

Baca Juga:   Modul Biologi Kelas 12 Lengkap dengan E-Modul Praktikum Pembelajaran Biologi SMA/MA

Plastida ini hanya bisa Anda temukan pada sel tumbuhan. Sementara berdasarkan pigmen atau warna, ada beberapa macam plastida, yaitu:

  1. Kloroplas berwarna hijau
  2. Kromoplas berwarna jingga atau bisa juga kuning keemasan
  3. Leukoplas tidak berwarna
  4. Rodoplas berwarna merah
  5. Phaeoplas berwarna cokelat

Organel Vakuola

Merupakan ruang dalam sel yang berisi cairan (cell sap dalam bahasa Inggris). Cairan ini adalah air dan berbagai zat yang terlarut di dalamnya.

Akan tetapi ingat, pada sel hewan juga terdapat vakuloa, meskipun ukurannya kecil. Misalnya, pada Paramecium dan Amoeba.

Demikian informasi mengenai sel tumbuhan pada materi plantae. Semoga bermanfaat.

Sumber: kamusbiologisma.com


Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar