5 Cabang Biologi dan Penjelasannya (Sering Keluar dalam Ujian Sekolah)

Share artikel ini

Reading Time: 3 minutes

5 cabang biologi dan penjelasannya. Biologi adalah ilmu yang mempelajari dan mengkaji tentang makhluk hidup. Contohnya, tumbuhan, hewan, bakteri, alga, dan fungi. Ilmu biologi juga membahas habitat atau lingkungan serta hubungannya dengan makhluk hidup.

Dapat belajar biologi adalah suatu kesempatan bagi pelajar maupun mahasiswa dalam mengembangkan keilmuan, terutama pada bidang IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Biologi memberikan manfaat akan pentingnya bersyukur atas anugerah kehidupan yang sudah diberikan oleh Tuhan.

Selain itu, prospek kerja jurusan biologi luas. Hal ini tidak lepas dari fakta keunggulan jurusan biologi yang memiliki banyak materi atau kajian yang berguna bagi kehidupan, terutama dalam dunia kerja.

Nah, ternyata cabang ilmu biologi jumlahnya banyak, bisa lebih dari 30 cabang biologi, bahkan ada yang 100 cabang-cabang biologi. Namun, kali ini kami akan membahas 5 cabang biologi dan penjelasannya. Lebih rincinya, perhatikan ulasannya di bawah ini.

5 Cabang Biologi dan Penjelasannya

Berdasarkan objek, cabang-cabang biologi ada 5 yaitu Zoologi, Botani, Mikrobiologi, Mikologi, dan Virologi. Berikut penjelasan lebih lanjut dari cabang ilmu biologi tersebut.

1. Zoologi

Menurut Earl Dorchester Hanson dalam www.britannica.com; “Zoology, branch of biology that studies the members of the animal kingdom and animal life in general”. Zoologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang hewan dan kehidupannya secara umum.

Baca Juga:   BIOLOGI: CABANG-CABANG ILMU BIOLOGI YANG BIKIN ORANG PENASARAN

Dalam arti tertentu, zoologi adalah ilmu biologi yang mengkaji tentang dua objek vertebrata dan invertebrata. Keduanya adalah bagian dari filum Chordata kerajaan Animalia.

Sebagai contoh, Vertebrata dalam biologi terdiri atas 5 kelas, yaitu Pisces, Amphibi, Reptil, Aves dan Mamalia. Pada masing-masing kelas tersebut, memunculkan cabang biologi seperti Mamalogi yang mempelajari tentang Mamalia.

Selanjutnya ada ornitologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang burung (Aves). Demikian seterusnya, dan cabang-cabang biologi akan terus berkembang sesuai kebutuhan ilmu pengetahuan.

2. Botani

Seperti disebutkan pada bagian sebelumnya, cabang biologi mengalami perkembangan. Nah, termasuk juga pada botani.

Menurut Simpson (2006); Botani adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang tumbuhan. Artinya, ilmu biologi botani ini khusus mengkaji kingdom Plantae, seperti tumbuhan berbiji (spermatophyta), lumut, liken, alga dan tumbuhan paku.

3. Mikrobiologi

Menurut Rita M. Pelczar dalam www.britannica.com, “microbiology, study of microorganisms, or microbes, a diverse group of generally minute simple life-forms that include bacteria, archaea, algae, fungi, protozoa, and viruses”. Artinya, mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang mikroorganisme.

Baca Juga:   Pengertian Glikogenesis dan Prosesnya

Dalam pengertian ini, mikologi mengkaji mikroba atau semakhluk hidup yang berukuran sangat kecil. Contohnya meliputi :

  • bakteri
  • alga
  • jamur
  • protozoa, dan
  • virus.

4. Mikologi

Selanjutnya, menurut The Editors of Encyclopaedia Britannica dalam britannica.com; “Micology, the study of fungi, a group that includes the mushrooms and yeasts”. Artinya, cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang jamur (fungi).

Berdasarkan klasifikasinya, mikologi dibagi menjadi 4 (empat) adalah Zygomycota, Ascomycota, Basidiomycota, dan Deuteromycota. Cabang biologi inilah yang khusus membahas mengenai jamur dan seluk beluknya.

5. Virologi

Ilmu biologi virologi ini mempelajari tentang virus. Menurut Robert M. Krug dalam britannica.com; “Virology, branch of microbiology that deals with the study of viruses“.

Dalam pengertian lain, ilmu virologi adalah mengkaji segala sesuatu tentang virus yang merupakan makhluk parasit. Sebagai contohnya seperti virus sars, corona, HIV dan masih banyak lainnya yang menginfeksi makhluk hidup.

Siapa Pertama Kali Penemu Biologi?

Ahli yang menemukan istilah biologi untuk pertama kalinya adalah Carolus Linnaeus pada tahun 1736. Hal ini bisa kamu lihat dalam karya bukunya yang berjudul Bibliotheca Botanica.

Baca Juga:   Inilah Contoh Metode Ilmiah Biologi

Namun yang perlu kamu ketahui, istilah yang terkait dengan biologi sudah ada sejak lama. Maksudnya hal-hal tentang alam dan makhluk hidup telah dipelajari sebelum istilah biologi muncul.

Bahkan, ilmu biologi sudah ada sejak peradaban Assyria dan Babilonia. Pada zaman ini manusia belajar bagaimana bercocok tanam, hingga memanfaatkan tumbuhan sebagai bahan obat.

Jadi secara keilmuan biologi modern, orang yang menemukan istilah biologi pertama kalinya adalah Carolus Linnaeus. Untuk pengertian biologi menurut ahli bisa kamu baca lewat link; Inilah Pengertian Biologi Sebagai Ilmu Menurut Para Ahli

Apakah Kimia Termasuk IPA?

Setelah kamu mengetahui tentang ilmu biologi yang merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam, atau yang disingkat dengan IPA. Lantas, apakah kimia termasuk juga bagian dari IPA?

Jawabannya, iya. Karena kimia adalah cabang dari IPA yang mempelajari tentang zat dan perubahannya. Nah, sudah jelas kan!

Akhir Kata

Sekian penjelasan mengenai 5 cabang biologi dan penjelasannya. Semoga berguna buat kamu semua. Selamat belajar. Jika ada yang ingin kamu tanyakan, langsung saja kirim pesan via kolom komentar. Terima kasih

Sumber: https://www.kamusbiologisma.com/2022/12/ilmu-biologi-mempelajari-tentang-apa.html


Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar