Pengertian Glikogenesis dan Prosesnya

Share artikel ini

Reading Time: 2 minutes

Glikogenolisis adalah proses pembentukan glikogen dari glukosa yang terjadi dalam tubuh manusia. Proses glikogenolisis berawal dari peningkatan kadar glukosa dalam darah, sehingga membuat pankreas melakukan sekresi hormon insulin.

Kemudian sekresi hormon insulin akan menstimulasi penyimpanan glukosa dalam bentuk glikogen. Proses yang terjadi ini berada dalam hati dan otot tubuh. Nah, hormon insulin inilah yang merangsang enzim glikogen sintase agar mulai melakukan proses glikogenesis.

Dari penjelasan tersebut, tentu masyarakat awam akan merasa bingung untuk memahami glikogenesis. lebih jelasnya, perhatikan apa yang dimaksud dengan glikogenesis yang merupakan bagian dari pelajaran biologi dibawah ini.

Pengertian Glikogenesis

Menurut Nenti Resna dalam SehatQ, glikogenesis adalah proses pembentukan glikogen dari glukosa atau gula darah. Sementara menurut Wikipedia, glikogenolisis adalah lintasan metabolisme yang digunakan oleh tubuh, selain glukoneogenosis, untuk menjaga keseimbangan kadar glukosa di dalam plasma darah untuk menghindari simtoma hipoglisemia.

Baca Juga:   Ciri-ciri Asteroidea Lengkap dengan Soal dan Jawaban

Dari kedua pengertian mengenai glikogenolis tersebut, terlihat bahwa glikogeolisis adalah sebuah proses agar kadar gula darah dalam keadaan konstan atau seimbang. Tapi ingat, tubuh tidak hanya melakukan proses glikogenesis, namun juga glikogenolisis dan glukoneogenesis.

Proses Glikogenolisis

Proses glikogenolisis dalam tubuh manusia terjadi dalam beberapa tahap. Untuk mengetahuinya, simak tahapan proses glikogenlisis dibawah ini:

  • Glikogenolisis pertama saat kadar glukosa dalam sel jumlahnya berlebihan
  • Selanjutnya penambahan gugus fosfat ke glukosa dari proses molekul glukosa yang berinteraksi dengan enzim glukokinase.
  • Kemudian gugus fosfat berpindah ke sisi lain molekul dengan menggunakan enzim fosfoglukomutase.
  • Proses glikogenolisis berikutnya, yaitu UDP-glukosa pirofosforilase.
  • Lalu enzim glikogenin akan mengikat glukosa urasil-difosfat dengan glukosa UDP-difosfat yang selanjutkan membentuk rantai pendek.
  • Terjadi pengikatan delapan rantai molekul secara bersama-sama, sehingga membuat enzim-enzim lainnya masuk agar proses ini bisa terselesaikan.
  • Glikogen sintase akan melakukan proses penambahan rantai dan enzim percabangan glikogen untuk membantu membuat cabang dalam rantai.
  • Terakhir, proses pembentukan makromolekul yang menyimpan energi dalam tubuh agar menjadi lebih efisien.
Baca Juga:   Kenali Organel Penyusun Sel Tumbuhan Pada Materi Plantae

Penutup

Sekian penjelasan mengenai glikogenolisis dan prosesnya agar kamu mudah memahaminya. Jika ada yang ingin kamu tanyakan, silahkan langsung ketik pesan pada kolom komentar.

Sumber: https://www.kamusbiologisma.com/2022/05/inilah-glikogenolisis-dan-prosesnya.html


Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar