Raih Beasiswa Ke Luar Negeri & Dalam Negeri dengan Mudah

Share artikel ini

Reading Time: 2 minutes

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dimiliki oleh setiap masyarakat. Sebab, pendidikanlah setiap manusia tahu mandat kemanusiannya itu sendiri. Ia Ibarat kompas yang selalu memandu langkah manusia itu melakoni kebaikan yang ada di muka bumi ini. Oleh karena itu, anjuran menuntut ilmu sangatlah penting untuk agama Islam.

Sebagaimana yang telah diutarakan pula dalam Undang-Undang ihwal setiap warga negara wajib mendapat pendidikannya (UUD 1945 Pasal 31 Ayat 1). Artinya, pendidikan menjadi poin penting bagi bangsa Indonesia. Tentu begitu penting, sebab pendidikanlah yang membuat bangsa ini menjadi negara yang berkembang baik sumber daya manusia, teknologi, sains, maupun bidang-bidang lainnya.

Baca Juga:   DAUN LONTAR, TIDAK HANYA SEBAGAI MEDIA MENULIS TAPI JUGA OBAT

Untuk menciptakan hal itu, tentu dibutuhkan SDM yang mampu berkualitas sehingga dapat berkontribusi untuk bangsa ini. Dengan demikian, Negara mesti memfasilitasi agar tujuan tersebut tercapai, salah satunya adalah dengan memberikan beasiswa kepada warga negara dengan cara apa pun.

Disisi lain, keterbukaan atas akses untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi lanjut S2 dan S3 yang cukup luas tersebut dihadapkan pada persaingan yang cukup ketat untuk meraih kesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Situasi-situasi tersebut agaknya menjadi faktor pembatas bagi kader-kader organisasi seperti PMII untuk melanjutkan tingkat pendidikannya.

Sehubungan dengan latar belakang di atas, Ngaji Galileo mencoba untuk mengintrodusir dan merekontruksi paradigma pendidikan tinggi lanjutan bagi kader-kader organisasi, hingga berniat untuk mengulik cara jitu mendapat beasiswa agar tujuan negara tercapai; tidak hanya soal negara, tetapi tentang dirinya menjadi pribadi yang berpengetahuan hingga otonom untuk melakukan perubahan dalam bidang apa pun. Sehingga Ngaji Galileo mengangkat tema Galileo, Pendidikan, dan Beasiswa.

Raih Beasiswa Ke Luar Negeri & Dalam Negeri dengan Mudah

Tujuan

  1. Mengetahui substansi pendidikan lanjut yang berkaitan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas diri, terlebih untuk cita-cita membangun negeri.
  2. Menjawab sebagian besar pertanyaan yang selalu disinggung oleh kader, bahwa kader PMII juga banyak yang melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya.
  3. Memotivasi kader PMII, khususnya alumni Rayon PMII Galileo untuk melanjutkan studi S2 dan S3.

Waktu

Selasa, 10 Oktober 2023, jam 19.00 WIB – Selesai

Tempat

Zoom meeting

Metode

Diskusi berlangsung dengan alur berdasarkan pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) atau sharing session dari pembicara yang akan dipandu oleh moderator menggunakan pertanyaan-pertanyaan pemandu. Kemudian audiens dipersilahkan untuk menanggapi berkaitan dengan materi yang disampaikan pembicara.

Baca Juga:   Fakta-fakta Menarik yang Banyak Terjadi di Bulan Maret

Pembicara

  • Khoirul Anam Asy-Syukri (Kandidat Doktor Food Science and Engineering, Jiangsu University – Chinese Government Scholarship).
  • Evita Muthiatul Maula (Kandidat Doktor Fisika Medis Universitas Brawijaya – Awardee LPDP)

Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar