10 Fakta tentang Hujan yang Belum Diketahui Banyak Orang

Share artikel ini

Reading Time: 2 minutes

Mungkin bagi masyarakat Indonesia, hujan dipanjang sebagai suatu yang biasa. Hujan turun setiap tahun di berbagai tempat, terutama saat bulan November, Desember hingga Maret.

Namun tahukah terdapat fakta-fakta menarik di dunia terkait hujan yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Tempat terbasah di dunia

Mawsynram di India merupakan tempat terbasah di dunia. Menerima rata-rata curah hujan 11.971mm yang menakjubkan setiap tahun dibandingkan dengan rata-rata di Inggris 1.154mm, cukup besar.

2. Memprediksi jumlah curah hujan dari jenis awan

Awan Nimbostratus dan awan cumulonimbus, merupakan dua bentuk awan paling umum yang menghasilkan hujan.

Awan nimbostratus merupakan awan menggantung rendah di langit, tampak gelap dan abu-abu. Sedangkan awan cumolonimbus berbentuk seperti gunung, dengan dasar berwarna abu-abu tua-jenis awan ini merupakan awan badai petir.

Baca Juga:   Silang Sengkarut PI BLOK CEPU (1): Merebut Kembali Hak Kesejahteraan yang Raib

3. Hujan Ikan

Di kota Yoro di Honduras terjadi hujan ikan! Ikan perak kecil jatuh dari langit selama badai besar setidaknya setahun sekali.

Yang aneh adalah bahwa ikan tersebut bahkan tidak ada di sekitar daerah tersebut. Sihir kah? Tidak juga, karena ada penjelasan ilmiah untuk “hujan ikan” yang konon, mereka dibawa ke Yoro oleh tornado laut.

4. Parade kucing di Thailand

Di Thailand, dipercaya bahwa tangisan kucing betina membawa hujan dan apa yang disebut Cat Processions diadakan di beberapa daerah di negara tersebut untuk mengatasi kekeringan.

Kucing dimasukkan ke dalam kandang atau keranjang sementara penduduk desa memercikkan air ke atasnya untuk membuatnya menangis (dan membuat hujan turun). Kami lega mengetahui bahwa terkadang kucing asli diganti dengan boneka binatang.

Baca Juga:   Spesifikasi dan Kelebihan Samsung Galaxy A12 Terbaru, Harga 2 Jutaan

5. Hujan hantu

Di beberapa daerah yang sangat panas dan kering, hujan tidak membuat tanah menjadi basah (tidak ada waktu!). Itu hanya menguap terkena udara panas. Terkadang digambarkan sebagai “hujan hantu”.

6. Berapa berat hujan?

Satu inci curah hujan dapat mengukur sekitar 226.000 pon di satu hektar tanah. Setiap menit, satu miliar ton hujan turun di bumi.

7. Tidak semua tetesan hujan terbuat dari air

Hujan juga terdiri dari asam sulfat atau metana, yang juga dapat ditemukan di planet lain di tata surya.

8. Hujan terus dalam setahun

Percaya atau tidak, tetapi ada tempat-tempat di bumi di mana hujan turun hampir tanpa henti. Gunung Waialeale di Hawaii adalah tempat terbasah di Bumi dengan hingga 350 hari hujan dalam setahun.

Baca Juga:   Sejarah Vaksin Pertama di Dunia, dan Apa itu Sinovac?

9. Hujan di China

Hujan Butir adalah istilah matahari ke-6 dalam kalender Cina tradisional. Itu terjadi pada bulan April dan berarti musim semi telah berakhir, suhu naik dan akan turun hujan… sering! Ini adalah waktu terbaik untuk pertanian dan hujan dirayakan sebagai simbol tanaman padi yang baik.

10. Ritual menurunkan hujan di Amerika Utara

Tarian hujan berasal dari suku asli Amerika dan beberapa dari mereka masih menampilkannya sampai sekarang. Para penari percaya mereka bisa memanggil hujan dengan gerakan mereka. (Arthur)


Share artikel ini

Recommended For You

Tulis Komentar