AKTIVITAS LANGSUNG SETELAH TERBANGUN DI TENGAH TIDUR MALAM BISA SEBABKAN KEMATIAN, APA ALASANNYA?

Reading Time: 3 minutes

Aktivitas Langsung Setelah Terbangun di Tengah Tidur Malam Bisa Sebabkan Kematian, Apa Alasannya? – Pernah kah Anda tiba-tiba terbangun dari tidur di tengah malam karena ingin buang air? Pastinya sebagian besar orang pernah mengalaminya, ini merupakan sebuah hal yang wajar terjadi.

Ketika hal ini terjadi dan karena sudah tak tahan lagi, seseorang pasti akan segera bangun dan tanpa berpikir panjang mereka kemudian langsung menuju ke kamar mandi dengan terburu-buru. Kebiasaan ini pun mungkin juga akan Anda lakukan ketika Anda merasakan hal yang sama.

Namun pernah kah Anda tahu, ketika Anda bangun kemudian beranjak ke kamar mandi dengan keadaan terburu-buru itu sebenarnya merupakan hal yang sangat berbahaya yang juga bisa menyebabkan kematian mendadak. Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana ini bisa terjadi.

Hal ini bisa terjadi karena pola electrocardiogram (ECG) akan normal pada siang hari dimana manusia melakukan aktivitasnya. Namun pada malam hari pola ECG akan berubah karena manusia beristirahat.

Ketika tidur, tekanan darah seseorang merata ke seluruh tubuh dan bahkan ke otak. Kemudian pada waktu Anda bangun dan langsung berdiri atau beraktivitas, konsentrasi darah akan turun ke kaki secara mendadak. Kondisi ini menyebabkan refleks sistem saraf atau saraf pengendalian refleks menjadi terganggu. Hal ini yang menyebabkan orang mengalami sinkope, yaitu ketidakseimbangan karena suplai darah ke otak terganggu, akibatnya seseorang terkadang merasa hampir ingin pingsan.

Karena itu pula seseorang akan mengalami gagal jantung dan otak akan mengalami anemia karena kurangnya pasokan darah akibat aktivitas secara tiba-tiba setelah bangun tidur, sehingga hal ini dapat mengakibatkan kematian mendadak.

Itu mengapa sering kali dalam masyarakat kita mendengar sesorang yang siangnya sehat wal afiat, tetapi tiba-tiba malamnya ia dikabarkan meninggal dunia. Salah satu sebabnya mungkin karena mereka terbangun di tengah malam akibat ingin buang air kemudian menuju ke kamar mandi dengan terburu-buru tanpa mengira pada saat itu otak sedang mengalami kekurangan pasokan darah.

Ada lagi yang mungkin juga sering kita dengar yaitu seseorang yang meninggal dunia setelah terpeleset di kamar mandi. Kemungkinan ini terjadi bukan karena terpeleset akan tetapi mereka mencoba tetap pergi ke kamar mandi ketika pasokan darah di otak mulai berkurang, akibatnya mereka terjatuh dan mungkin saja posisi ketika ia terjatuh sudah di dalam kamar mandi, sehingga orang lain mengira mereka terjatuh akibat terpeleset.

Lalu apa solusi untuk mengatasinya?

Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan 3 x 1/2 menit. Kenapa demikian ? 3 x 1/2 menit adalah sesuatu yang cuma-cuma, tetapi akan banyak mengurangi angka kematia secara tiba-tiba! Berikut cara menerapkannya :

  • 1/2 menit pertama biarkan mata Anda terbuka seutuhnya dan tetap berbaringlah. Sebab kebiasaan sepele ini baik untuk sistem peredaran darah.
  • 1/2 menit kedua bangunkan badan Anda untuk duduk tetap di atas tempat tidur Anda tanpa mengubah posisi kaki, dan
  • 1/2 menit terakhir turunkan kaki, duduklah di tepi tempat tidur Anda.
    Kemudian barulah kerjakan aktivitas yang akan Anda lakukan.

Hal ini juga bisa untuk menghindari postural hipotensi. Postural Hipotensi adalah penurunan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba, yakni saat mengubah posisi dengan cepat dari berbaring atau duduk ke posisi berdiri. Umumnya kondisi ini terjadi pada lansia, memiliki riwayat penyakit tertentu seperti sakit kencing manis terlalu lama, punya kondisi kesehatan tertentu misalnya memang dari awal tekanan darah atau tensinya rendah, terjadi pula pada mereka yang mengalami mekanisme fisiologis terlambat, dan pada pasien yang sedang menjalani pengobatan dengan obat antihipertensi.

Untuk itu mari kita terapkan 3 x 1/2 menit! Dengan 3 x 1/2 menit kita bisa mencegah resiko kematian mendadak, dan beberapa penyakit lainnya. Memang benar ajal menjemput kapan saja, dimana saja dan dalam keadaan apa saja, semua sudah digariskan oleh tuhan. Namun setidaknya dengan menerapkan 3 x 1/2 menit itu merupakan bentuk usaha kita menjaga kesehatan yang telah kita dapatkan dengan cuma-cuma, karena kesehatan itu mahal harganya. Semoga bermanfaat. (Risa)

Recommended For You

Tulis Komentar