Inilah Pengertian Biologi Sebagai Ilmu Menurut Para Ahli

Share artikel ini

Reading Time: 2 minutes

Pengertian biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup. Makhluk hidup disini bisa struktur, organ, fungsi, taksonomi, prilaku hewan, perkembangan dan pertumbuhan, hingga evolusi yang terjadi pada makhluk hidup.

Saat Anda mempelajari pengertian biologi tentu tidak lepas dari istilah biologi, pengertian biologi menurut para ahli, ruang lingkup biologi adalah, dan cabang ilmu biologi dan penjelasannya. Lalu apa saja penjelasan dari pengertian biologi tersebut.

Bagi Anda yang ingin mempelajari istilah pengertian biologi. Mari lihat pembahasan di bawah ini.

Istilah Biologi

Secara istilah, biologi berasal dari dua kata, yaitu bios dan logos. Istilah biologi ini berasal dari bahasa Yunani.

Bios berarti ‘hidup’ atau makhluk hidup, sedangkan logos artinya ‘ilmu’. Jadi jika digabung, biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup.

Pengertian Biologi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli menjelaskan mengenai pengertian biologi, yang di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Deswaty Furqonita & M. Biomed: Biologi adalah ilmu yang mempelajari dan mengkaji segala sesuatu tentang makhluk hidup dan kehidupannya.
  • Y. Fauziah & I Septifiranta: Biologi adalah ilmu yang mempelajari sesuatu yang hidup beserta masalah-masalah yang menyangkut kehidupan.Oman Karmana: Biologi adalah ilmu yang dapat menunjang ilmu-ilmu lainnya dalam memecahkan suatu permasalahan.
  • Wijaya Jati: Biologi adalah ilmu sains mengenai makhluk hidup yang menitikberatkan kajian ilmu mengenai makhluk hidup dan kehidupannya.
  • J. Saputra: Biologi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang makhluk hidup.
  • Fuad Izzudin & Tajudin: Biologi adalah ilmu yang mempelajari sesuatu yang hidup beserta masalah-masalah yang menyangkut hidupnya.
  • M. Widiyaningsih & S.H. Anwariningsih: Biologi adalah ilmu yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan makhluk hidup dan kehidupan.
  • Nur Haryanti: Biologi adalah ilmu tentang keadaan dan sifat makhluk hidup (manusia, binatang, tumbuhan), ilmu hayat.
  • J. Juniati: Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup yang obyek dan persoalannya banyak terjadi di lingkungan alam sekitar.
  • Fiktor Ferdinand P & Moekti Ariwibowo: Biologi adalah ilmu tentang makhluk hidup beserta lingkungannya dan memiliki cabang-cabang tersendiri yang mempelajari lebih spesifik lagi tentang makhluk hidup.
Baca Juga:   Ciri-ciri Asteroidea Lengkap dengan Soal dan Jawaban

Ruang Lingkup Biologi

Ruang lingkup adalah cakupan belajar biologi, dimana cakupan ruang lingkup biologi ada beberapa tingkatan. Berikut adalah rincian penjelasannya:

Molekul

Ruang lingkup biologi tingkatan molekul adalah yang paling kecil. Molekul pengertiannya adalah gabungan dari dua atau lebih unsur atom. Jadi, molekul inilah partikel terkecil dari ruang lingkup mempelajari biologi.

Sel

Selanjutnya ada sel, yang artinya unit struktural dan fungsional terkecil dari makhluk hidup. Materi sel ini mencakup organisme hidup dalam biologi, seperti sel hewan, sel tumbuhan, sel bakteri, sel protista, dan sel jamur.

Jaringan

Kemudian ada jaringan atau susunan dari sel. Misalnya, jaringan pada hewan, jaringan tulang, jaringan otot, jaringan tumbuhan, jaringan palisade, jaringan parenkim, dll.

Baca Juga:   Ciri-ciri Ophiuroidea Lengkap dengan Soal Biologi

Organ

Organ adalah sususnan dari jaringan-jaringan dengan fungsi tertentu. Contohnya organ jantung, organ daun, organ batang tumbuhan.

Sistem Organ

Untuk sistem organ adalah satu kesatuan dari berbagai macam organ yang saling berinteraksi. Misalnya, sistem organ pernapasan, sistem orga ekskresi, sistem organ peredaran darah.

Organisme

Pengertian organisme adalah kesatuan dari seluruh sistem organ yang saling bekerja sama dalam menjalankan fungsi kehidupan. Organisme ini bisa disebut dengan individu atau spesies.

Populasi

Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang berada dalam satu habitat tyang sama. Misalnya populasi katak, populasi beruang, populasi manusia, populasi tumbuhan anggrek.

Komunitas

Komunitas adalah kumpulan dari populasi yang berada pada tempat atau habitat yang sama. Misalnya komunitas hewan memamah biak, ada sapi, kerbau, kambing.

Baca Juga:   BIOLOGI: CABANG-CABANG ILMU BIOLOGI YANG BIKIN ORANG PENASARAN

Ekosistem

Pengertian ekosistem adalah hubungan timbal balik antara komunitas dengan lingkungannya. Misalnya, ekosistem pantai yang di dalamnya ada kepiting, pasir pantai, mangrove.

Bioma

Bioma cakupannya lebih luas dari ekosistem. Bisa dikatakan bioma membentuk kesatuan ekosistem dunia atau global, bisa antara negara dan bahkan benua.

Akhir Kata

Itulah pengertian biologi lengkap dengan penjelasannya yang bisa digunakan untuk pelajar dan mahasiswa. Sekian dan terima kasih.

Sumber: kamusbiologisma.com


Share artikel ini

Recommended For You

1 Comment

Tulis Komentar