TUGAS AKHIR SKRIPSI, KINI BUKAN MASALAH LAGI

Reading Time: 2 minutes

Tugas Akhir Skripsi, Kini Bukan Masalah Lagi – Sebagai mahasiswa tingkat akhir pasti akan dihadapkan tugas akhir untuk mendapatkan gelar untuk mecapai kelulusan.

Karakter setiap orang pasti berbeda-beda, oleh karena itu saya akan membahas beberapa tips untuk menyelesaikan tugas akhir.

1. Tentukan waktu mengerjakan

Yang dimaksud waktu disini adalah berapa jam perhari diluangkan untuk mengerjakan tugas akhir tersebut. Hal ini saya rasa sangat efektif, karena dengan cara ini maka akan terjadwal dengan baik kapan anda bisa mengerjakan dan menyelesaikan tugas akhir ini.

2. Mencari teman yang memiliki topik tugas akhir sama dan bisa di ajak diskusi

Kebanyakan mahasiswa tingkat akhir menampakkan jati dirinya masing-masing. Tidak sedikit dari mereka enggan bekerja sama dengan temannya, karena dianggap merugikan dan hanya membuang-buang waktunya.

Hal ini tidak dibenarkan, justru mahasiswa tingkat akhir harus bekerja sama untuk menyelesaikan tugas akhir agar bisa lulus bersama-sama.

Ketika  individu memiliki topik penelitian yang sama justru bisa berbagi referensi dan bertukar pikiran untuk mengerjakan tugas akhir. Saling mendukung dan membantu antar mahasiswa tingkat akhir, selalu memberi semangat kepada semua teman.

3. Sering pergi ke perpustakaan

Berkunjung ke perpustakaan adalah salah satu hal yang menurut saya wajib dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir untuk mendapatkan referensi dalam mengerjakan tugas akhir.

Jangan lupa sesuaikan buku yang anda baca dengan topik penelitian anda, mencari tugas akhir yang memiliki topik yang hampir sama dengan milik anda.

Perpustakaan yang anda kunjungi bukan hanya di area kampus, bisa juga perpustakaan umum milik kota anda berkuliah. Memperbanyak membaca topik yang sesuai akan membersikan pandangan kemana anda akan memulai mengerjakan tugas akhir anda.

4. Perbanyak konsultasi dengan dosen pembimbing

Hal ini sangat ampuh dilakukan ketika mahasiswa sedang mengerjakan tugas akhir, mengapa? Karena semakin sering anda konsultasi dengan pembimbing anda, maka akan lebih menjalin komunikasi yang baik antara anda dengan pembimbing. Ketika ada sesuatu yang kurang jelas anda juga bisa meminta pendapat kepada dosen pembimbing.

5. Mengurangi main dan nongkrong

Bermain dan nongkrong adalah hal yang sangat lumrah dilakukan anak usia remaja akhir (anak kuliahan), namun ketika sedang mengerjakan tugas akhir saya sarankan untuk mengurangi jam-jam untuk main dan nongkrong, mengapa? Disini saya tidak melarang main dan nongkrong, hanya mengurangi saja hal ini karena dapat mengganggu ataupun mengurangi waktu anda untuk mengerjakan tugas akhir.

Disini perumpaan apabila dihari biasa anda nongkrong setiap hari, ketika anda sudah menjadi mahasiswa tingkat akhir kurangi nongkrong menjadi 1 kali seminggu.

6. Selalu memberikan motivasi diri sendiri

Anda harus memberikan motivasi kepada diri sendiri ketika sudah mengerjakan beberapa bagian dari tugas akhir. Kemudian memberikan reward untuk diri sendiri ketika sudah mencapai beberapa bab dalam mengerjakan tugas akhir.

7. Meminta restu orang tua

Apapun yang dilakukan sudah seharusnya meminta do’a restu dari kedua orang tua. Ketika seorang anak mendapat restu dari orang tua pasti apa yang akan dilakukan dipermudah.

Maka ketika anda akan mengerjakan tugas akhir hendaknya meminta restu kepada kedua orang tua untuk mendo’akan agar dipermudah dalam proses mengerjakan tugas akhir tersebut.

Serta yang paling penting jika anda lulus tepat waktu akan memberikan kebanggan tersendiri untuk orang tua anda. Baik, itulah beberapa tips yang bisa kalian pilih agar dapat menyelesaikan tugas akhir tepat waktu.

Tips tersebut sudah saya terapkan dan alhamdulillah saya bisa lulus tepat waktu. Semoga bermanfaat untuk anda yang sedang mengerjakan tugas akhir dan sukses untuk anda semua. (Shofi)

Recommended For You

Tulis Komentar