Rosella, Bunga Merah Sejuta Manfaat

Reading Time: 3 minutes

Penulis : Risa

NgajiGalileo – Rosella (Hibiscus sabdariffa) adalah spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Biasanya, bunga ini ditanam sebagai tanaman hias di halaman rumah. Selain itu, bunga ini juga sering dijadikan sebagai bahan baku pembuatan teh herbal yang sangat bermafaat untuk kesahatan tubuh. 

Hibiscus sabdariffa merupakan jenis bunga rosella yang paling umum digunakan untuk membuat teh rosella. Teh rosella memiliki rasa asam dan segar yang mirip dengan cranberry dan dapat dinikmati baik panas maupun dingin. 

Manfaat Bunga Rosella

Pemanfaatan kelopak bunga Rosela sudah dikenal dan diteliti baik oleh pakar kesehatan modern maupun pakar kesehatan tradisional di berbagai negara di dunia.

Kelopak bunga tersebut diketahui mengandung zat-zat penting yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin C, vitamin A, protein esensial, kalsium, dan 18 jenis asam amino, termasuk arginina dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat dari bunga rosella ini untuk kesahatan, berikut di antaranya :

1. Menangkal radikal bebas

Antioksidan adalah molekul yang membantu melawan senyawa yang disebut radikal bebas, yang menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh.

Teh rosella kaya akan antioksidan yang dapat meredam radikal bebas yang memicu pertumbuhan sel kanker dan membantu mencegah kerusakan dan penyakit lain yang disebabkan oleh penumpukan radikal bebas.

2. Menjaga kesehatan hati

Penelitian terhadap orang yang kelebihan berat badan dengan minum ekstrak bunga rosella selama 3 bulan, ternyata mampu menyembuhkan steatosis hati atau penumpukan lemak pada organ hati dan mengoptimalkan fungsi hati.

Zat antioksidan yang terdapat di dalam bunga rosella juga dapat menangkal radikal bebas dan menetralisir racun. Dengan demikian, kerja hati menjadi lebih ringan.

3. Menurunkan dan mengendalikan kolesterol

Penelitian terhadap 60 orang penderita diabetes yang minum teh bunga rosella dalam sebulan turun kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliseridanya.

Sebaliknya, lemak baik (HDL) justru meningkat. Studi lain mengenai manfaat bunga rosella terhadap penderita sindrom metabolik yang minum ekstrak herbal ini memperlihatkan perubahan yang serupa. Kolesterolnya turun dan kadar HDL-nya naik.

4. Mengatasi serangan bakteri

Manfaat bunga rosella juga ampuh dalam melawan dan mengatasi infeksi bakteri. Serangan E. coli yang menyebabkan diare bisa diatasi dengan herbal ini. Termasuk bronkitis, pneumonia, ataupun infeksi saluran kemih.

5. Mengendalikan tekanan darah

Senyawa dalam bunga rosella juga berkhasiat mengendalikan tekanan darah sistolik dan diastolik. Riset terhadap 65 orang penderita hipertensi yang minum teh rosella turun tekanan darah sistoliknya dalam 6 minggu.

Pada terapi teh resolla yang mengkonsumsi selama 12 hari, terdapat penurunan tekanan darah sistolik mencapai 11,2 %. Teh dari bunga rosella bisa menjadi pilihan Anda untuk mengurangi tekanan darah.

Dengan meminum teh bunga rosella secara teratur akan membantu tubuh dalam mengontrol tekanan darah sehingga mengurangi dampak negatif pada kesehatan. 

6. Menjaga saluran pencernaan

Manfaat lain dari bunga rosella adalah menjaga dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Mengonsumsi bunga rosella secara teratur bisa melancarkan buang air besar, sehingga saluran pencernaan menjadi lebih sehat.

7. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan vitamin C yang tinggi serta senyawa lain yang terdapat di dalam bunga rosella, ternyata bisa membantu menurunkan berat badan. Sehingga dapat mencegah Anda terkena obesitas.

Penelitian yang dilakukan pada 36 peserta dengan berat badan berlebih ini menemukan fakta bahwa ekstrak rosella mampu mengurangi berat badan, lemak tubuh, indeks massa tubuh, dan rasio pinggul.

Kandungan dalam bunga rosella dapat menghambat produksi amilase, sehingga menurunkan penyerapan glukosa dan pati. Jika penyerapan glukosa dan pati menurun, maka menurun juga asupan kalori pada tubuh, sehingga berat badan bisa berkurang.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa mengkonsumsi teh bunga rosella pada waktu pagi dan malam hari sebelum tidur. Hal ini untuk memperkuat metabolisme tubuh, sehingga bisa berdampak positif pada usaha Anda untuk memiliki tubuh ideal.

8. Merangsang menstruasi

Perempuan yang memiliki masalah dalam menstruasi, khususnya yang menstruasinya tidak lancar, disarankan untuk mengonsumsi bunga rosella. Kandungan bunga ini diketahui dapat memengaruhi hormon estrogen yang merangsang terjadinya menstruasi.

Cara Mengolah Rosella

Bagian utama tanaman rosella yang sering dimanfaatkan adalah kelopak bunganya, karena pada bagian ini terdapat kandungan antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan. Pembuatan teh rosella sendiri sangatlah sederhana, berikut langkah-langkahnya :

  • Siapkan bunga rosella yang sudah di cuci bersih
  • Jemur bunga di bawah terik matahari hingga kering
  • Masukan bunga yang sudah kering ke dalam gelas, sebaiknya di cuci terlebih dahulu untuk menghindari debu kotoran ketika proses pengeringan.
  • Tuangkan air panas kurang lebih 300 cc atau sesuai dengan selera Anda
  • Tambahkan gula sesuai selera.
  • Tutup gelas dan tunggu selama 5 sampai 15 menit hingga warnanya berubah
  • Minum secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Perlu diperhatikan, khusus untuk program diet disarankan untuk tidak menambahkan gula ke dalam seduhan teh tersebut. Namun, jika Anda tidak tahan rasa asam, Anda boleh menggantinya dengan gula diet. Selamat mencoba! Semoga bermanfaat.

Recommended For You

1 Comment

Tulis Komentar