Terkenal untuk Pengusir Jin, Daun Kelor Ternyata Berkasiat Juga untuk Pengusir Diabetes

Reading Time: 2 minutes

Penulis : Risa

NgajiGalileo – Selain lebih kerap dianggap masyarakat Indonesia sebagai pengusir jin atau makhluk-makhluk halus, daun kelor rupanya menyimpan banyak kasiat penting yang juga di manfaatkan dalam dunia medis.

Daun ajaib ini mampu digunakan sebagai bahan obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk penyakit diabetes.

Tanaman kelor sendiri merupakan sejenis tumbuhan yang berasal dari suku Moringaceae. Tanaman ini bisa tumbuh dengan cepat, berumur panjang, berbunga sepanjang tahun, dan tahan kondisi panas ekstrim. Serta mampu hidup di dataran rendah maupun dataran tinggi sampai di ketinggian 1000 m dpl.

Tanaman ini sebenarnya mengandung sejuta manfaat mulai yang berasal dari daun, batang, buah, hingga bijinya. Akan tetepi, disini kami hanya akan membahas mengenai manfaat dari daun kelor saja, yaitu sebagai obat penyembuhan penyakit diabetes.

Para penderita diabetes adalah mereka yang mengalami gangguan pada produksi hormon insulin. Hormon insulin ini yang membantu mengubah gula menjadi energi, serta menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh.

Jika hormon insulin mengalami gangguan, maka gula yang seharusnya diubah menjadi energi ini juga akan mengalami gangguan. Sehingga akan terdapat gula yang gagal diubah menjadi energi, akibatnya gula yang gagal diubah tersebut akan menumpuk sedangkan energi menjadi berkurang. Hal ini juga yang menjadi pengaruh pada penderita diabetes menjadi sering lemas atau tidak berdaya.

Akan tetapi, semua masalah ini mampu diatasi hanya dengan mengkonsumsi daun kelor saja. Daun kelor mampu membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Dalam sebuah penilitian menyatakan bahwa, dalam 50 gr daun kelor yang di konsumsi mampu menurunkan kadar gula darah hingga 21 persen.

Menurut University of Wiconsin La Crosse, disebutkan bahwa kelor memiliki sifat anti diabetes karena memiiki kandungan seng yang sangat tinggi. Kandungan mineral inilah yang diperlukan tubuh untuk memproduksi hormon insulin.

Hal tersebut juga sempat di buktikan dalam sebuah uji coba pada hewan laboratorium yang diterbitkan pada Journal of Diabetes, edisi Juni 2012.

Kemudian menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), daun kelor mengandung 7 kali lebih banyak vitamin C dibandingkan dengan kandungan vitamin C pada buah jeruk. Tingginya kandungan vitamin C pada daun kelor ini, mampu membantu memperbaiki kinerja hormon insulin pada pankreas sebagai organ yang memproduksinya.

Daun kelor juga kaya akan Antioksidan yang berfungsi untuk mendetoksifikasi tubuh manusia dan memperkuat system kekebalan tubuh. Sehingga mampu melindungi tubuh dari radikal bebas. Kadar radikal bebas yang terlalu tinggi, dapat meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit seperti diabetes melitus tipe 2, hingga penyakit jantung.

Cara membuat ramuan dari daun kelor ini harus Anda ketahui karena sampai saat ini masih jarang yang menjual ramuan dari ekstrak daun kelor. Cara pembuatannya pun cukup mudah dan sederhana, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini cara pembuatannya :

  1. Siapkan 10 -15 gram daun kelor atau setara dengan satu genggam tangan
  2. Cuci daun kelor sampai bersih, tapi jangan diremas agar daun kelor tetap segar
  3. Rebus daun kelor bersama dengan 3 gelas air
  4. Tunggu hingga mendidih, sampai air menyusut menjadi 1 gelas. Kemudian ulangi satu kali lagi pada sisa rebusan kedua, perebusan dilakukan berulang agar senyawa yang terkandung dalam bahan herbal seluruhnya larut dalam air.
  5. Setelah matang kemudian angkat dan saring daunnya.
  6. Ramuan sari daun kelor siap untuk di konsumsi.

Dianjurkan bagi penderita diabetes untuk mengkonsumsi ramuan ini secara rutin 3 kali sehari masing-masing satu gelas. Lakukan hingga 2-4 minggu atau sampai kadar gula darah Anda benar-benar kembali normal.

Jangan lupa sertai dengan pola hidup sehat, selalu gunakan gula khusus bagi penderita diabetes. Serta olahraga secara rutin pun perlu dijalani agar tetap sehat. Selain itu, penderita diabetes juga disarankan untuk rutin memeriksakan kadar gula darah setiap bulannya.

Demikian sekilas informasi mengenai manfaat daun kelor sebagai obat alami untuk penyembuhan penyakit diabetes, Semoga bermanfaat.

Recommended For You

1 Comment

Tulis Komentar